Panduan Dasar Optimasi Mesin Penulusuran Google

Panduan dasar optimasi mesin penulusuran Google merupakan bahan penting untuk semua laman web, tetapi Anda tidak akan menggunakan semuanya. Seperti yang sudah kami jelaskan pada Panduan dasar optimasi SEO bila dilihat secara terpisah, perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan bertahap, tetapi saat digabungkan dengan optimasi lainnya, mereka dapat memiliki dampak nyata pada pengalaman pengguna dan kinerja pada hasil penelusuran oganik situs Anda.

Optimasi mesin penelusuran hanya mempengaruhi hasil penelusuran organik, bukan hasil berbayar atau “yang disponsori”, seperti Google AdWords.

Penelusuran organik

Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi

Navigasi situs website tidak kalah penting dalam membantu pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google hanya menyediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin menekankan arti tentang peran yang ditampilkan laman dalam gambar situs yang lebih besar. Semua situs memiliki beranda atau laman “dasar”, yang biasanya merupakan laman situs paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs Anda hanya memiliki laman sedikit, Anda sebaiknya berpikir tentang kenapa pengunjung ingin pergi dari laman  dasar Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang mendeskripsikan laman terkait ini (mis. laman dasar -> daftar topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk berbeda yang perlu diklasifikasi dalam kategori ganda dan laman subkategori?

Peta situs adalah laman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi daftar hirarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi laman jika mereka memiliki masalah dalam menemukan laman dalam situs Anda. Ketika mesin telusur juga akan mengunjungi laman ini, dapatkan cakupan penelusuran yang bagus dari laman situs Anda, ini biasanya ditujukan bagi pengunjung manusia.

File peta situs berbentuk XML, yang bisa Anda kirimkan melalui Perangkat Webmaster Google, dapat mempermudah Google untuk menjelajahi laman situs Anda. Menggunakan file peta situs juga merupakan cara baru (meski tidak menjamin) untuk memberitahu spesifikasi URL yang ingin Anda jadikan laman dasar kepada Google.

Google akan membantu membuat sumber skrip peta situs untuk membantu Anda membuat sebuah file peta situs untuk situs Anda. Untuk belajar lebih lanjut tentang peta situs, Pusat Bantuan Webmaster menyediakan panduan penting untuk file Peta situs.

Walaupun panduan ini tidak memberitahu rahasia apapun yang akan secara otomatis meningkatkan peringkat situs Anda, panduan ini mungkin bisa memudahkan mesin penelusuran menjelajah dan mengindeks konten Anda.

Comments

comments