Panduan dasar optimasi SEO

Panduan dasar optimasi SEO untuk memodifikasi bagian kecil pada situs web Anda. Bila dilihat secara terpisah, perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan bertahap, tetapi saat digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, mungkin ada dampak nyata pada pengalaman pengguna dan kinerja pada hasil penelusuran oganik situs Anda.

Kami ingin menyampaikan bahwa Anda harus membuat keputusan terkait pengoptimalan dengan mementingkan pengunjung situs. Mereka adalah konsumen utama konten website Anda yang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan pekerjaan Anda. Terlalu fokus pada perubahan tertentu untuk meraih peringkat untuk hasil yang organik pada mesin pencari belum tentu memberikan hasil yang diinginkan. Pengoptimalan mesin pencari adalah tentang meletakkan kesan indah di awal dalam keterlihatan sebuah website pada mesin pencari, namun konsumen utamanya adalah pengguna Anda, bukan mesin pencari. Kami berharap panduan kami dapat memberikan ide segar untuk meningkatkan situs web Anda, dan kami ingin mendengar pertanyaan, masukan, dan kisah sukses di Forum Bantuan Webmaster Google.

Buat judul laman yang unik, akurat

Tunjukkan judul laman menggunakan tag judul

Tag judul memberi tahu pengguna dan mesin telusur mengenai topik tertentu suatu laman. Tag <title> seharusnya ditempatkan di dalam tag <head> dari dokumen HTML. Idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda. Pengoptimalan pada mesin pencari hanya memengaruhi hasil penelusuran yang did organik, bukan hasil berbayar atau “yang disponsori” seperti penggunaan Google AdWords.

Jika artikel Anda muncul di laman hasil penelusuran, konten tag judul biasanya muncul pada baris pertama. Judul ditebalkan jika muncul pada kueri penelusuran pengguna. Penebalan kata ini dapat membantu pengguna mengenali apakah suatu laman relevan dengan penelusuran mereka.

Konten judul laman ditampilkan di hasil penelusuran

Judul laman beranda Anda dapat menguraikan nama situs web/bisnis dan mencakup sebagian kecil informasi penting seperti lokasi fisik bisnis atau mungkin beberapa fokus atau penawaran utama.

Praktek terbaik dalam optimasi SEO

Deskripsikan konten laman dengan akurat.

  • Pilih judul yang menyampaikan topik konten laman dengan efektif.
  • Hindari:
    # memilih judul yang tidak berhubungan dengan konten pada laman.
    # menggunakan judul yang standar atau kabur seperti “Untitled” atau “New Page 1.

Buat tag judul unik untuk setiap laman.

  • Setiap laman Anda idealnya harus mempunyai tag judul yang unik, yang membantu Google untuk mengetahui perbedaan laman tersebut dengan laman lainnya pada situs Anda.
  • Hindari:
    # menggunakan satu tag judul pada semua laman atau sekumpulan besar laman situs Anda.

Gunakan judul yang singkat namun deskriptif.

  • Judul bisa pendek dan informatif. Jika judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian di hasil penelusuran.
  • Hindari:
    # menggunakan judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengguna
    # menyertakan kata kunci yang tidak diperlukan pada tag judul Anda

Tingkatkan struktur URL Anda

URL yang mudah dipahami akan menyampaikan informasi konten dengan mudah.
Membuat kategori dan nama file yang deskriptif untuk artikel pada website tidak hanya membantu situs tetap terorganisir dengan lebih baik, tetapi juga dapat membawa perayapan mesin pencari yang lebih baik pada artikel yang dibuat. Hal ini juga akan membuat URL yang lebih mudah dan “lebih bersahabat” untuk mereka yang ingin membuat tautan ke konten Anda. Pengunjung mungkin akan kesulitan oleh URL yang sangat panjang dan tersembunyi yang berisi sedikit kata yang dapat dikenali.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan sebagai penambah wawasan jika Anda tertarik untuk menggeluti SEO. Jika menurut Anda artikel bermamfaat, Anda bisa menyebarkannya kepada kerabat dan sahabat.

Comments

comments