Panduan terbaik blog WordPress untuk pemula

Panduan terbaik blog WordPress untuk pemula dari DotCom Creative Solutions, Anda akan belajar bagaimana cara melakukan set up pada blog WordPress.

Panduan ini secara khusus kami tulis untuk para blogger yang ingin memperbaiki ataupun hanya untuk sekedar informasi yang membahas cara mengatur blog berbasis WordPress.
Bagi yang sudah menggunakan WordPress, kami juga telah menambahkan kiat khusus untuk mulai menerapkan cara menjadi seorang profesional dalam menggunakan WordPress.

Panduan terbaik blog WordPress untuk pemula akan membahas segala hal yang terkecil hingga yang terbesar, berikut ini adalah informasinya :

  1. Bagaimana cara memilih hosting dan NamaDomain yang tepat untuk blog WordPress Anda.
  2. Cara install WordPress hanya dalam waktu 5 menit.
  3. Hal-hal yang perlu Anda lakukan setelah menginstal WordPress & konfigurasi yang baik dan benar.
  4. Memilih plugin yang tepat untuk blog WordPress Anda dan bagaimana cara mengaturnya.
  5. Tips hebat untuk membuat blog WordPress Anda tumbuh lebih cepat, meskipun Anda hanya seorang pemula.
  6. SEO untuk blog WordPress Anda.

Mohon diingat, ini adalah panduan untuk para junior WordPress yang kami buat dengan hatihati dan jika ada update terbaru, kami journal ini akan diperbarui dengan harapan panduan Wordpres ini bisa menjadi refrensi yang baik dalam membuat blog berbasis WordPress. Jangan lupa untuk bookmark journal tentang Panduan terbaik WordPress untuk pemula  ini.

Langkah pertama : Buatlah blog WordPress Anda.

Hal pertama yang diperlukan untuk membuat blog WordPress adalah nama domain dan Webhosting. Webhosting adalah tempat dimana berbagai file website akan disimpan, dan domain adalah nama blog Anda. Anda dapat membeli hosting dari website penyedia hosting seperti NamaDomain, Reabilitas, Kecepatan dan daftar open source fitur menjadi keunggulan Linux Server Hosting di NamaDomain.
Linux Server di NamaDomain menawarkan berbagai aplikasi yang telah siap dipergunakan, secure server SSL, dan sistem management keseluruhan account yang terintegrasi dengan menggunakan Plesk 12.

Kami menganggap Anda sudah memiliki WebHosting dari NamaDomain. Sekarang hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menginstal blog WordPress pada domain Anda. Proses ini hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 5 menit saja.

Sekarang Anda sudah memiliki blog WordPress, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat beberapa perubahan pada settingan Worpress seperti menyiapkan Permalink, dan beberapa pengaturan lainnya. Jangan khawatir ini tidaklah terlalu sulit, sangat mudah Anda bisa melihat tutorialnya pada panduan di bawah ini:

8 pengaturan penting setelah menginstal WordPress

Ketika Anda menginstal WordPress, terdapat beberapa dummy content seperti dummy page, dummy post, dan dummy komentar.

Hapus default pos and halaman :

  1. Login ke dashboard WordPress Anda dan masuk ke halaman Posts> All posts dan hapus default post “Hello world”.
  2. Setelah itu buka halaman Pages> All pages and delete the default “Sample page”.

Set up WordPress permalink :

Permalink by DotCom Creative Solution

Default permalink WordPress seperti https://namadomain.com/p=123 permalink tersebut memang pendek, akan tetapi permalink tersebut sangat sulit untuk dipahami terlebih lagi jika Anda memutuskan ingin mencoba SEO pada blog WordPress.
Anda perlu mengubahnya, hal tersebut sangat berguna jika Anda mau mendaftarkan blog tersebut ke mesin pencari.
Masuk ke halaman settings > Permalink pilih post name dan klik simpan. Hal ini memastikan bahwa permalink Anda ketika muncul di mesin pencari, akan berisi beberapa kata kunci, dan postingan blog Anda akan memperbaiki peringkat di mesin pencari.
Berikut ini adalah salah satu contohnya :
Contoh Permalink by DotCom Creative Solution1
Menetapkan zona waktu :
Set up Time Zone by DotCom Creative Solution2
Ingat pada saat proses instalasi WordPress di NamaDomain, kita menambahkan nama situs & tagline. Anda dapatmengubahnya kapanpun dari halaman pengaturan ini.
Ini adalah cara mengkonfigurasi homepage dan tag line. Hal ini sangatlah penting, karena hal tersebut akan muncul di Google search. Alamat email admin website Anda akan menjadi alamat email website, pemberitahuan yang berhubungan dengan website Anda dikirimkan melalui email tersebut. Pastikan Anda mengatur zona waktu ke zona waktu kota Anda, hal ini akan memastikan segala postingan akan dijadwalkan sesuai dengan zona waktu Anda.
Disable registrasi user :
Ini bisa menjadi awal yang baik untuk tetap membuka pendaftaran pada blog jika Anda membuat website berbasis WordPress yang memungkinkan pengunjung memberikan komentar pada postingan, tapi spam pendaftaran akan sangat banyak. Jika Anda adalah satu-satunya penulis dan tidak membutuhkan orang untuk mendaftar, saya sarankan Anda untuk menonaktifkan pendaftaran WordPress menonaktifkannya di pada halaman settings > general.
Set up WordPress komen :
Discusion by DotCom Creative Solution3
Ini adalah bagian lain yang harus setting setelah menginstal WordPress. Cukup ikuti screenshot diatas dan ikuti tanda centang seperti yang ada dalam gambar.
Ping list WordPress :
Layanan default ping pada WordPress hanya ada satu layanan saja, Anda dapat menambahkan layanan lebih banyak lagi. Untuk menambahkan daftar ping lain bisa dilakukan di settings > writing.
List ping bisa dilihat pada XML-RPC Ping Services
XML-RPC Ping Servicesby DotCom Creative Solution4
Untuk sekarang jika Anda menginstal WordPress untuk pertama kalinya posting ini bisa menjadi refrensi. Jika tertarik membuat blog WordPress, silahkan bookmark posting ini. Pastikan juga Anda berlangganan feed Dotcomindonesia kami untuk informasi terupdate dari wordpress.

Comments

comments