Pengaruh psikologi warna pada web design

Pengaruh psikologi warna pada web design bisa mempengaruhi Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa Facebook berwarna biru?

Bagaimana warna sebuah situs website mempengaruhi pengalaman para visitornya? Web Design sebuah blog atau website e-commerce dengan perpaduan warna yang tepat akan membuat banyak perbedaan.
Jurnal Dotcom Creative Solutions kali ini mungkin bisa menjadi refrensi Anda para sahabat blogger, ataupun webmaster yang memahami bahwa pemikiran desain adalah cara untuk menjadikan website menjadi lebih baik. Anda akan belajar bagaimana warna mempengaruhi penjualan produk pada website Anda dan bagaimana pembaca memutuskan untuk menyukai sebuah website karena web designnya menarik.

Pengaruh psikologi warna pada web design

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Andrew Elliot dari University of Rochester, Dr. Andrew menambahkan warna merah tebal di sekitar foto seseorang untuk membuat orang yang melihatnya tertarik pada orang yang ada didalam foto tersebut? Menurut psikolog, ini semua disebabkan karena manusia identik dengan warna merah ketika mereka tertarik pada seseorang. Dengan kata lain, merah adalah warna asmara. Warna merah merangsang kita secara tidak langsung.
Warna memiliki pengaruh psikologi yang sangat besar pada otak manusia dan isyarat visual yang paling kuat untuk menarik perhatian. Para ilmuwan telah lama menemukan bahwa warna mempengaruhi suasana hati, kepribadian dan persepsi dari sebuah merk dagang. Apakah Anda tahu 92% dari orang-orang mengatakan dimensi visual adalah faktor terbesar untuk mempengaruhi keputusan dalam sebuah transaksi dagang yang dapat melebihi pengaruh dari rasa, bau, dan lain sebagainya. Contoh lainnya bisa kita simpulkan bahwa warna meningkatkan persepsi sebuah merk sebesar 80%. Sebagai contoh, Coca-cola memilih warna merah sebagai warna yang terdapat pada bagian produk mereka, warna merah telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan detak jantung Anda dan mengangkat tekanan darah Anda. Merah adalah simbol kegembiraan. Demikian juga dengan Hewlett-Packard yang memiliki biru di logonya. Biru adalah warna yang bersahabat, sangat menjelaskan rasa kepercayaan dan bisa diandalkan.
Sampai saat ini, sudah sangat jelas bahwa warna memiliki efek mendalam pada kita tapi bagaimana cara kita menggunakannya untuk mendapat perhatian orang lain. Bagaimana kita dapat meningkatkan atau menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan sebuah merk dagang. Untuk itu, pertama-tama mari kita pahami dasar-dasar pada warna.

Konsep warna pada sebuah website.

Warna dibagi menjadi tiga kategori yaitu primer, sekunder dan tersier. Warna primer terdapat pada warna merah, biru dan kuning. Warna primer dapat dicampur yang dapat menghasilkan warna sekunder seperti warna ungu, hijau, oranye. Dan pada akhirnya ada warna tersier yang terbuat dari kombinasi primer dan warna sekunder.

Warna tersier terbagi menjadi enam bagian yaitu merah-oranye, kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, biru-violet, dan merah. Sebagai contoh, warna tersier dihasilkan ketika campuran warna utama seperti biru dan hijau warna sekunder yang dihasilkan menjadi biru-hijau. Anda dapat membuat warna yang berbeda seperti tint tambahkan warna putih, shades tambahkan warna hitam dan tone tambahkan warna putih dan hitam dengan menggunakan kombinasi warna di atas.

color wheel DotCom Creative Solutions

Di sisi kanan, Anda dapat menemukan warna merah, jingga dan kuning didominasi dengan warna-warna hangat dan di sebelah kiri adalah beberapa warna ceria seperti biru, hijau, ungu.
Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita lebih memilih warna-warna lembut dan cerah sementara pria memilih sebaliknya. Menurut sebuah studi oleh Hallock, warna biru lebih disukai oleh laki-laki, 57% laki-laki memilih warna biru dan 35% wanita cenderung menyukai sisa warna lainnya.
Yang paling menonjol dari sejumlah studi di atas adalah pria dan wanita tidak menyukai warna jingga dan kuning. Namun, wanita lebih memilih warna kuning oranye sementara pria lebih suka kuning jeruk. Menurut Kissmetrics, laki-laki menyukai Akhromatis seperti warna abu-abu, sementara wanita lebih suka warna tints.

Men Color and women choseMengingat ketertarikan pria dan wanita itu berbeda, Anda harus memilih warna dengan hati-hati dan memahami target Anda. Jika jumlah visitor Anda adalah laki-laki, coba gunakan hijau.

Dampak warna pada emosi dan perilaku.

Warna dapat membuat kita merasa bahagia atau sedih. Hal ini dapat membuat kita merasa lapar atau santai. Sebagai sebuah merk, sangat penting Anda untuk tahu efek psikologis warna pada individu atau klien Anda. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana dampak warna pada emosi dan perilaku.
Emotion Color By DotCom Creative Solutions
Sesuai dengan tabel di atas yang dibuat oleh CoSchedule, Orange menggambarkan energi untuk mengundang dan berkesan ramah. Orange adalah warna favorit pada sebuah web design. Demikian juga dengan warna kuning yang berhubungan dengan kebahagiaan, seperti sinar matahari penuh dengan harapan. Ini dapat membuat desain Anda lebih bermakna dan bisa membuat pembaca merasa lebih optimis dan ceria. Ini menjelaskan mengapa kuning dan oranye selalu memiliki latar putih atau abu-abu pada sebuah website yang paling sering digunakan pada sejumlah tombol dan mendapatkan maksimum klik pada sebuah website. Ingat, halaman produk Amazon.in berwarna kuning pada tombol “Add to Cart” dan berwarna oranye pada tombol “Buy Now Whith 1 klik.
Note : Tombol orange dan kuning harus kontras dengan latar. Hal ini karena warna kontras adalah bagaimana dimana otak kita dapat menemukan dan sangat baik untuk rangsangan yang relevan.

Comments

comments