Pentingnya kata kunci dalam SEO

Pentingnya kata kunci dalam SEO untuk mendapatkan banyak trafik dari lalu lintas mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya.

Optimalkan kata kunci pada situs blog Anda.

Berapa kali Anda mendengar banyak orang menyarankan hal tersebut ketika Anda memutuskan belajar tentang SEO? Kata kunci adalah hal pertama yang wajib Anda tahu dan mempelajari tentang kapan mulai mengoptimalkan SEO blog Anda. Panduan ini ditulis untuk memahami konsep paling mendasar dari SEO yaitu kata kunci apa saja kegunaannya.

Mari kita mulai dengan yang paling dasar, jika Anda baru melakukan blogging untuk sementara, 5% lalu lintas yang datang berasal dari postingan Anda. maksudnya adalah, Anda bisa mendapatkan trafik maksimal yang berasal dari  lalu lintas pada beberapa postingan Anda. Pernahkah Anda bertanya mengapa postingan pada jurnal kali ini mendapatkan begitu banyak lalu lintas? Anda harus melakukannya dengan benar dan kata kunci adalah faktor terbesarnya.

Tanpa kita sadar beberapa dari posting Anda mungkin sudah memiliki peringkat pada halaman pertama untuk kata kunci yang sangat dicari oleh pengguna global atau di daerah tertentu di dunia. Satu hal yang harus Anda cari tahu disini adalah, sudahkah konten Anda memiliki peringkat di mesin pencari? Bahasa mesin pencari (algoritma) yang akan menentukan peringkat konten yang Anda tulis.

Ketika kami mengatakan peringkat konten, apa maksud dari peringkat? Dalam konteks ini, peringkat untuk kata kunci tertentu. 
Anda dapat menggunakan website SEMRUSH lalu ketik alamat blog Anda untuk melihat kata kunci pada postingan blog. Berikut adalah contoh dari salah satu blog yang populer.
Semrush by dotcomindonesia
Cobalah untuk memahami konsep dari gambar diatas. (Bahkan jika Anda 100% tidak mengertijangan khawatir itu normal untuk pemula).
  • Kata kunci : Kata kunci yang banyak mendorong lalu lintas trafik URL tertentu dari blog saya. (Kami juga menyebutnya kata kunci target).
  • Pos: Posisi kata kunci di Google search. Target Anda harus menempati peringkat pada halaman pertama Google untuk kata kunci target Anda.
  • Volume: Ini adalah aspek penting karena membantu Anda untuk memahami berapa banyak orang yang mencari kata kunci dalam sebulan. Cobalah untuk melihat ini lebih manusiawi daripada melihatnya secara teknisAnda membuka Google untuk mencari solusi, demikian juga orang lain yang mencari solusi dengan cara serupa, tetapi mereka mungkin menggunakan istilah yang berbeda dari Anda. Google menyimpan data dari bagaimana cara orang mencari dan membiarkan Anda untuk melihat sejumlah pencarian bulanan untuk kata kunci apapun. Dengan cara ini, Anda akan dapat menemukan kata kunci yang ideal untuk digunakan sebagaimana yang orang lain cari.

Setiap kata kunci yang memenuhi syarat sebagai kata kunci ideal adalah ketika kata kunci tersebut telah cukup banyak dicari dalam satu bulan terakhir.

Ada dua jenis kata kunci yang bisa kita pelajari :

  1. Short tail Keywords : Kata kunci yang hanya terdiri dari 1-3 kata. Contoh :5 iklan CPM penghasil uang di blog Anda
  2. Long Tail Keywords : Kata kunci yang mengartikan sesuatu lebih detail yang bisa berisi 3 kata atau lebih. Contoh : BuzzSumo Ekstensi gratis dari Chrome untuk blogger
Long tail keywords sangat menguntungkan untuk digunakan karena akan mendorong lebih banyak lalu lintas bertarget dan kesempatan Anda untuk memiliki peringkat pada halaman pertama lebih tinggi. Untuk saat ini memahami semua istilah-istilah ini lebih penting dalam memahami konsep dasar SEO.
Menulis postingan berkualitas akan membantu Anda untuk mengarahkan lalu lintas trafik pada blog Anda.

Apa pentingnya kata kunci dari sudut pandang SEO?

Jika Anda telah memahami konsep dasar kata kunci, sekarang mari kita pelajari lebih dalam. SEO akan mengoptimalkan postingan pada blog atau suatu halaman website, kita memiliki pilihan untuk menentukan kata kunci bertarget. Hal ini umumnya dikenal sebagai Meta keywords. pada tahun lalu sebelum tahun 2012, Meta keywords sangatlah penting (kata kunci yang Anda targetkan), akan tetapi pada tahun 2016, meta keywords tidak lagi bermamfaat. Mesin pencari telah menjadi pintar untuk mendeteksi kata kunci dan peringkat halaman Anda secara otomatis.
Google tidak menganggap meta keywords atau kata kunci tertentu ketika memilih kata kuncidan ini sangatlah masuk akal karena terlalu banyak blogger yang menuliskan sebuah artikel dengan menambahkan banyak kata kunci dalam postingan mereka.

Bagaimana cara memulai riset kata kunci Anda?

Riset kata kunci adalah proses menemukan kata kunci yang tepat untuk target pasar Anda. Langkah ini sangatlah penting jika Anda ingin blog/website Anda bertumbuh besar dalam rentang waktu yang lebih cepat. Ada berbagai cara untuk menemukan kata kunci, misalnya :

SEMRUSH

Ini adalah alat online yang memungkinkan Anda menemukan kata kunci, atau Anda juga dapat menempatkan URL dari sebuah situs web, dan akan menampilkan kata kunci pada sebuah situs lengkap dengan peringkatnya.

Keyword planner tool

Keyword planner tool alat gratis untuk meriset kata kunci, akan tetapi tidak sesimpel Semrush.

LongTailPro

Ini adalah alat lainnya yang bisa didownload pada komputer anda.

AHREFS

AHREFS adalah alat online yang kami gunakan untuk melakukan riset kata kunci, alat ini lebih detail dalam menentukan kata kunci pada setiap blog/website yang kita lihat.

Cara menggunakan kolom seacrh pada Google untuk menemukan kata kunci dengan cepat.

Anda juga dapat menggunakan pencarian Google untuk menemukan kata kunci bertarget Anda, Google auto keywords akan menyarankan kueri penelusuran ketika Anda mengetik sesuatu pada kolom search, dan itu adalah tempat yang baik untuk memulai pencarian utama. Anda dapat membuat daftar kata kunci menggunakan teknik ini.

Google search by dotcomindonesia

Setelah Anda menemukan kata kunci yang ideal untuk postingan/website Anda, tugas Anda selanjutnya adalah menulis sebuah artikel yang dioptimalkan dengan teknik SEO untuk kata kunci target Anda.

 Jika Anda merasa informasi ini berguna, silakan berbagi dengan teman dan kolega melalui Facebook,Twitter dan Google Plus.

Comments

comments